Kamis, 19 Maret 2009

Seorang Pelaku Pembunuhan Tertangkap


Dua Orang Buron

Jember, Memo

Polsek Sumbersari patut mendapat acungan jempol atas keberhasilannya mengungkap kasus terbunuhnya dua warga di sungai Lingkungan Tegalbai Kelurahan Karangrejo Kecamatan Sumbersari sepekan lalu. 

Polisi berhasil menangkap pelakunya, yang kemudian diketahui adalah Widodo (25), warga Lingkungan Tegalbai, Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Sumbersari. Kini, pelaku tengah menjalani pemeriksaan intensip petugas setempat. 

Tertangkapnya Widodo (WD) bukan pekerjaan mudah dan ringan. Karena untuk mengidentifikasi korban saja cukup kewalahan. Ini karena mayat ditemukan tanpa identitas dan sebagian anggota tubuhnya mengalami rusak. Kerumitan yang terjadi itu ternyata tak menurutkan semangat kerja polsek setempat.

Bahkan, sejumlah personil polsek bolak balik ke TKP. Tujuannya, untuk mengamati TKP lebih teliti dan mendalam serta menganalisisnya hasil temuan di TKP. Berkat semangat kerja yang tampa lelah itu, akhirnya temuan-temuan itu mengerucut ke titik terang. ”Kami dapati gelagat seseorang yang mencurigakan. Gelagat seseorang itu terus kami dalami,” ungkap AKP Mahrobi Hasan, S.Sos Kapolsek Sumbersari.

Seseorang itu lanjut dia, gerak geriknya dipantau kemana perginya. Hingga, pada posisi klimaks, alat komunikasi yang digenggam seseorang itu tidak aktif. “Kecurigaan itu semakin kuat arahnya ke seseorang itu. Dan, pelacakan itu kami kembangkan siapa siapa saja teman dekat dengan seseorang itu,” paparnya.

“Pertama yang kami tangkap WD. Dalam interograsi petugas, WD sempat tutup mulut. Tapi dengan sabar dan telaten kami akhirnya berhasil mengorek keterangan dari WD. Dan WD mengaku melihat langsung pembantaian sadis terhadap korban,” bebernya.

Bahkan, WD juga mengaku sempat terancam jiwanya. Ancaman itu terjadi apabila, WD tidak mengikuti perintah eksekutor yang kini dalam pengejaran petugas. ”Itu pengakuan WD kepada kami. Tapi, kami terus mendalami keterangan keterangan yang terungkap tersebut,” tuturnya.

Adanya modal keterangan dari WD, malam itu juga petugas melakukan penggerebekkan di rumah dua pelaku yang telah teridentifikasi tersebut. Namun dalam penggrebekkan yang dipimpin langsung Kapolsek, dua pelaku keburu kabur. ”Kami sudah berupaya semaksimal mungkin pengepungan rumah dua pelaku itu. Tapi keduanya tidak kami temukan,” ujarnya.

Diungkapkan Mahrobi, dua pelaku yang kabur itu berinsial NR dan DV. Kedua pelaku ini, diindikasikan berperan sebagai eksekutor berdasarkan keterangan pelaku WD. 
”Kami masih belum bisa pastikan motif di balik kasus pembunuhan ini. Karena, masih menunggu keterangan saksi pendukung yang lain,” katanya. Dalam penggrebekkan itu, polisi mengamankan barang bukti berupa kaos, sepeda motor dan senjata tajam. 

Sebelumnya, dua orang ditemukan tewas membusuk di sungai di Lingkungan Tegalbai, Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Sumbersari, dengan sejumlah luka di tubuhnya. Kedua korban itu kemudian diketahui bernama Agung dan Irianto. (Totok)

Tidak ada komentar: